Magic Formula

Dengan memiliki blog kemampuan menulis kamu akan meningkat – Salah satu nasihat menulis yang sering saya baca di internet.

Saya termotivasi. Lalu mengikuti kelas membuat blog.

“Saya akan gunakan untuk berlatih menulis,” pikir saya.

Blog sudah selesai dibuat. Satu hari, dua hari. Satu minggu, satu bulan.

4 bulan kemudian …

Tak satu pun saya menerbitkan tulisan.

Source: pexels/energepic.com

Ide saya tidak cukup menarik untuk dituliskan. Saya tidak punya banyak waktu untuk duduk manis dan menulis. Saya ingin menulis, tapi saat ini saya sangat lelah setelah seharian bekerja. Saya ingin menulis, tapi saya tidak tahu apa yang harus saya tuliskan. Saya memiliki banyak alasan untuk tidak menyentuh blog ini. 

Saya takut menulis. Takut ide saya tidak menarik. Takut tulisan saya adalah sampah. 

Pernah mengalami hal yang sama?

Kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis. Kamu ingin menulis, tetapi kamu hanya ingin menulis sesuatu yang sangat bagus yang bisa langsung disukai banyak orang. Kamu hanya ingin membagikan cerita—yang menurut kamu sangat atau menarik. 

Jadi, alih-alih menulis apa yang ada dalam pikiran, kamu malah membuka internet mencari tips-tips menulis tentang bagaimana mendapatkan ide tulisan, bagaimana agar tulisan menarik, dan sejenisnya. Kamu membaca nasihat-nasihat dari penulis yang kamu kagumi. Kamu membaca nasihat-nasihat penulis dunia agar kamu mendapat banyak motivasi untuk menulis. 

Kamu terus membaca dari artikel yang satu ke artikel yang lain. Kamu berharap mendapatkan motivasi yang banyak agar kamu bisa menyelesaikan setidaknya satu tulisan. 

Menulis adalah sebuah keterampilan, dan untuk menguasai sebuah keterampilan kamu harus melatihnya. Untuk bisa menulis berarti kamu harus menulis, menulis yang sering.

Kamu juga mungkin sudah membaca banyak kalimat yang memiliki maksud yang sama seperti di atas.

Dalam artikel-artikel yang kamu baca, di samping membaca yang banyak, nasihat yang kamu dapatkan adalah berlatih. 

And you talk to yourself, “I know.” Tetapi kamu tidak juga menulis.

Kamu terus membaca, mencari sesuatu. Kamu berharap menemukan magic formula yang bisa membuat kamu tiba-tiba memiliki kemampuan menulis, sehingga hanya dengan satu kali menulis, tulisan kamu bisa langsung bagus, menarik, dan disukai banyak orang.

Sayangnya, setelah kamu mencari dan mencari, kamu tidak menemukan magic formula tersebut.

Mungkin, sekarang sudah saatnya kamu bilang sama diri sendiri, “Tidak ada jalan pintas untuk bisa menulis selain dengan berlatih menulis, Sayang. So, close those tabs about writing tips you constantly read, and start writing something instead!”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *