Pengalaman Belajar Adsense Bersama Sahabat Hosting

Sebetulnya, saya udah pernah ikut kelas AdSense beberapa kali. Jadi mimin kelas tepatnya, bersama Mas Usman waktu itu, di JA, tetapi saya belum ikutan daftar karena saya baru punya blog dan isinya juga baru beberapa artikel.

Saya baru belajar tentang Analyctic dan Google Console waktu itu dan belum punya keinginan untuk daftar karena itu tadi, jrang diisi blognya.

Akhirnya, kesempatan belajar Adsense datang lagi. Saya mendapat beasiswa dari MP untuk ikut kelas AdSense bersama founder Sahabat Hosting, Endo Putra, didampingi oleh blogger kece, Mbak Malica Ahmad.

Lengkap dong jadinya kelas. Praktisi Adsense sama seorang blogger dalam satu group. Jadi, di sela-sela materi Adsense, saya kepoin Mbak Malica juga tentang bagaimana menjadi produktif. Dan blio itu baik sekali bersedia membagi ilmunya. Semoga produktifnya blio bisa saya tiru juga nantinya.



Apa itu Adsense?

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Bagi kamu yang ingin berpenghasilan tambahan dari menulis melalui nge-blog, mengikuti kerjasama periklanan dengan Google ini mungkin bisa menjadi salah satu alternative yang bisa kamu coba.

Syarat untuk Mendaftar AdSense

1. Mempunyai blog atau web dan konten yang menarik

Ya, iyalah, kalau enggak ada blog mau pasang di mana iklannya, Neng, hihi. Kecuali kalau mau pasang di Youtube, ding. Enggak ada blog enggak apa-apa.

2. Gunakan Top Level Domain untuk blognya

Top Level Domain atau TLD, dalam bahasa awamnya adalah blog berbayar. Jika menggunakan wordpress berarti alamat blognya tidak lagi ada embel-embel wordpress. Seperti contoh akun lama saya ini yuliyani3m.wordpress.com. 

Blog tersebut belum TLD, jadi belum layak untuk dipasangkan Adsense karena nanti saat pindah ke TLD, blognya akan dibuatkan domain baru. Seperti saya nih, pindahkan ke blog ini jadinya, yang udah ada domain dot com-nya.

2. Blognya Memiliki  Halaman About 

Saat membuat blog, jangan lupa untuk membuat halaman About. Kalau ketinggalan setelah nulis banyak artikel, tetapi belum punya halaman about, boleh nyusul, sih, dibuat sekarang. Yang pasti ketika mau mendaftar Adsense halaman ini udah ada.

Kalau kamu belum tahu halaman About isinya apa. Boleh, intip sekilas punya saya. Kurang lebih seperti itulah, nanti bisa kamu sesuaikan dengan kegiatan dan tujuan blog kamu sendiri.

3. Memiliki Halaman Kontak

Halaman kontak ini berisi nomor WA, email, atau alamat URL sosial media agar kamu mudah dihubungi.

Kenapa halaman ini perlu disediakan? Karena  hal ini menunjukkan bahwa kamu serius kepada pihak Adsense dalam menyajikan konten yang mementingkan pengunjung. Jadi, pengunjung bisa dengan mudah menghubungi kamu melalui halaman kontak tersebut jika ingin melakukan kerjasama atau sekadar memberi masukkan.

4. Umur Domain dan Jumlah Artikel

Umur Domain minimal 6 bulan, tetapi blog saya ini udah satu tahun baru didaftarin. Namun, dari beberapa sumber yang saya baca, ada juga, sih, yang baru satu bulan, tetapi sudah disetujui pendaftaran Adsense-nya. Mungkin karena rajin is blog dan kualitas artikelnya bagus.

Untuk jumlah artikel, buatlah sekitar 20 postingan meskipun tidak ada ketentuan pasti, sih, untuk jumlah minimun artikel untuk mengajukan Adsense, tetapi lebih banyak dan apalagi berkualitas artikelnya, kesempatan untuk disetujui pasti akan lebih besar.

5. Pastikan Usia Kamu sudah 18 Tahun

Iya, umur juga ternyata menjadi persyaratan pengajuan Adsense. Ketika mendaftar nanti, kamu akan dimintai keterangan umur dalam akun Google kamu. Jadi, pastikan umur kamu sudah 18 tahun, ya, sebagai salah satu syarat diterima pengajuan Adsense kamu.

Setelah semua syarat terpenuhi, kamu bisa mendaftarkan blog kamu untuk pemasangan Adsense. Sebenarnya, kamu bisa mendaftar AdSense secara mandiri karena caranya bisa mudah dicari di internet asalkan mau sedikit pusing.

Nah, kalau saya orangnya enggak mau pusing. Jadi, saya lebih memilih ikut kelas  untuk belajar mengenai Adsense ini. Dengan memiliki mentor ahli, saya bisa belajar lebih cepat dan saya tahu harus kepada siapa nanti bertanya saat memiliki kendala.

And you know what? Setelah kemarin praktik daftar, mengajukan Adsense dibimbing sama mentor  yang selalu ready saat peserta membutuhkan bantuan, juga dengan perjuangan mati lampu dua kali—di tengah malam pula—akhirnya pengajuan saya diterima.


Ini adalah pengalama baru buat saya. Jadi, mungkin sama seperti yang lain yang baru mendapatkan pengalaman ini, saya pun norak-norak bergembira saat tahu pendaftaran  saya diterima. Hurray !

Baca juga: Bingung Mau Nulis Apa saat Sudah di Depan Laptop? Begini Cara Mengatasinya

Padahal, teman-teman saya yang lain mah udah dari dulu berpenghasilan dari AdSense. Eh, tapi 'kan kita enggak boleh bandingin diri dengan orang lain, ya, karena kita memiliki proses perjalanan masing-masing. Jadi, silakan dilanjutkan norak bergembiranya kalau kamu baru daftar Adsense dan diterima juga 😀

Namun, bagi yang pendaftarannya belum diterima, jangan menyerah, perbaiki dan ajukan lagi sampai diterima Google Adsense dan tetap gunakan email yang sama nanti, ya.

Finally, terima kasih saya ucapkan untuk mentor Adsense, Endo Putera, serta kepada pendamping kelas yang tak kalah kecenya, Mbak Malica. Barakallah untuk ilmu-ilmunya, ya.

Dan PR saya sekarang adalah untuk rajin menulis di sini, Mx. Jadi, jangan heran kalau nanti kamu mampir ke sini dan kamu notice bahwa  isi artikel saya curhatan semua, kek sekarang misal hihi ... Itu semata-mata hanya untuk melatih diri saya rajin. Rajin pangkal pandai, wkwkwk.  Dan demi kepandaian tersebut, curhat pun mungkin saya tulis di sini, haha.

Namun, walaupun begitu, semoga tetap ada hal yang bisa kamu pelajari setelah membaca blog saya ini. Belajar untuk selalu menikmati proses, misal. Kek, saya. Ahem.

One thought on “Pengalaman Belajar Adsense Bersama Sahabat Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *