Mengenal Bagian Preliminaries Buku Beserta Fungsinya

Kita sering membaca buku, tetapi seberapa sering teman-teman perhatikan bagian halaman pendahuluan buku sebelum membaca cerita? Apakah teman-teman mengenal bagian preliminaries buku beserta fungsinya?

Jika teman-teman perhatikan, pada saat kita membuka buku, ada bagian pendahuluan atau front matter yang berupa beberapa halaman berisi informasi-informasi seperti judul buku, undang-undang hak cipta, kata pengantar dan lain-lain. Halaman-halaman tersebut dinamakan halaman preliminaries.

Bagi pembaca, halaman preliminaries ini mungkin tidak penting. Namun, bagi teman-teman yang berminat belajar menjadi seorang layouter atau penata letak buku, halaman-halaman tersebut sangat penting untuk diketahui. Sebab, seorang layouter adalah orang yang akan membuat susunan tata letak halaman preliminalies tersebut.

Berikut penjelasan mengenai halaman preliminalies beserta fungsi-fungsinya.

1. Halaman Prancis (Half-title)

Mengenal Bagian Preliminaries Buku Beserta Fungsinya
Source: pexels.com

Halaman ini adalah halaman terawal buku, biasanya hanya berisi judul buku saja. Pada halaman ini biasanya penulis memanfaatkannya untuk membubuhkan tanda tangan.

2. Halaman Undang-Undang Hak Cipta

Hak cipta dapat diartikan sebagai hak kepemilikan yang dimiliki oleh pencipta dalam hal ini penulis berupa adanya perlindungan terhadap karyanya. Halaman hak cipta ini untuk mengingatkan pembaca bahwa buku tersebut tidak bisa dengan sembarang digandakan terutama dengan tujuan memperoleh keuntungan ekonomi.

Baca juga: 7 Manfaat Membaca yang Harus Kamu Tahu

Halaman uundang-undang hak cipta letaknya di balik halaman prancis. Namun, pada sebagian buku, di balik halaman prancis ini dikosongkan dan halaman undang-undang diletakkan di halaman keempat.

3. Halaman Judul Utama

Halaman judul utama biasanya berisi informasi tentang judul, nama penulis, dan nama penerbit.  Di sebagian buku ada juga yang mencantumkan tempat dan tahun terbit.

4. Halaman Informasi Penerbitan

Pada halaman ini, kita akan menemukan informasi secara lengkap tentang penerbit dan penerbitan buku. Mulai dari judul buku, penulis, editor, penata Letak, desain kover, nomor ISBN juga tercantum di halaman ini. Selain itu, ada juga informasi mengenai ukuran buku, jumlah halaman, kronologi cetakan, nama penerbit, alamat penerbit, serta informasi terkait penerbit.

Jika di balik halaman prancis tadi keterangan undang-undang hak cipta tidak dicantumkan, bisa jadi ia dicantumkan di halaman informasi penerbitan ini.

5. Halaman Persembahan atau Halaman Ucapan Terima Kasih

Berisi ucapan-ucapan terima kasih penulis kepada keluarga, sahabat, atau kepada orang-orang yang berperan penting terhadap bukunya tersebut.

6. Halaman Kata Pengantar

Pada halaman ini berisi kalimat pengantar terkait dengan isi buku.  Kata pengantar ini biasanya ditulis oleh editor atau penerbit di mana buku itu diterbitkan sebagai penyempurna karya penulis.

Selama ini kita salah memahami bahwa kata pengantar ditulis oleh penulis, padahal kalimat yang ditulis oleh penulis dalam halaman prelimenaris disebutnya prakata.

7. Halaman Daftar Isi

Kita sudah familier dengan halaman ini karena ketika kita ingin membaca secara loncat-loncat kita akan mencari bab yang menuruk kita menarik di halaman ini.

Sebagai pembaca tentu tidak ada salahnya kita mengenal bagian-bagian buku sehingga suatu saat ketika menjadi penulis, kita sudah tidak asing jika penerbit menyebutkan halaman preliminaries, dan bagi teman-teman yang berminat menjadi layouter semoga informasi di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat dalam mengenal bagian-bagian buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *